Dua Sisi Media Sosial

01 Februari 2022, Penulis : Doni Habibur Rahman

Media sosial atau singkatan kerennya "medsos" adalah sebuah media daring yang banyak digunakan oleh penggunanya dengan berbagai tujuan misal saling berkomunikasi, berbagi informasi dan tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk mencari penghasilan. Akan tetapi, masih terdapat beberapa oknum yang menggunakan media sosial dengan tujuan kejahatan misal untuk tujuan mengambil alih akun seseorang (hack), dan beberapa waktu lalu yang dihebohkan oleh sejenis game dalam salah satu media sosial yang menampilkan data berupa foto KTP dan selfie dengan KTP tersebut.

Meskipun demikian beberapa orang menggunakan media sosial dengan bijak untuk menambah pundi-pundi penghasilan mereka. Beberapa contoh diantaranya dengan menawarkan produk yang mereka jual agar menjadi lebih dikenal banyak orang baik secara live ataupun berupa postingan.

Berikut data-data terkait penggunaan media sosial di seluruh dunia dibandingkan dengan pengguna media sosial di Indonesia per bulan Januari 2021 (sumber dari https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia):

 

 

Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa pengguna media sosial sangatlah besar sehingga perlu pemahaman bahwa penggunaan media sosial jika digunakan dalam hal yang positif, maka akan berdampak positif dalam cakupan luas. Begitu juga sebaliknya yang diharapkan sisi negatif dari media sosial dapat ditekan seminimal mungkin.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk terhindar dari bentuk kejahatan media sosial yaitu:

1. Selalu menjaga kerahasiaan pasword media sosial seperti tidak menggunakan pasword yang berhubungan dengan tanggal lahir;

2. tidak memberikan data pribadi di media sosial seperti nomor NIK, foto KTP;

3. tidak terlalu dan langsung percaya terhadap teman di media sosial;

4. memilih dan memilah orang yang akan dijadikan teman di media sosial;

5. tidak pamer terutama kekayaan di media sosial karena rentan menjadi target dari kejahatan.

Oleh karena itu dengan banyaknya pengguna media sosial dan diperkirakan akan terus bertambah, maka diharapkan para pengguna sosial selalu mengedepankan sisi positif terutama bijak dalam menggunakan media sosial mereka.

Kategori: Media Sosial

Kirim Komentar

0 Komentar